YESUS : "Jadilah kepadamu menurut imanmu"   (Matius 9:29)

HARI RAYA YAHUDI

.
    Selamat Datang
Source :
  1. http://www.ifcj.org/site/PageNavigator/eng/rabbi/jewish_holidays
  2. http://www.chabad.org/holidays/default_cdo/jewish/Jewish-Holidays.htm

Daftar hari raya Yahudi :
    Untuk membaca, klik saja
  1. Tu B'Shvat
  2. Purim
  3. Passover (Pesach)   utama
  4. Yom Hashoah
  5. Yom Ha-Zikkaron (Israel Memorial Day)
  6. Yom Ha-Atzmaut (Israel Independence Day)
  7. Yom Yerushalayim (Jerusalem Day)
  8. Shavuot  utama
  9. Tisha B'Av

    .
  1. Tu B'Shvat
    Image : http://www.chabad.org/

    Tu B'Shvat, jatuh pada tanggal 15 bulan Shvat, dikenal sebagai "Tahun Baru Pohon". (Kata "Tu" artinya angka 15 dalam bahasa Ibrani.)

    Agama Yahudi punya beberapa "Tahun Baru." Tu B'Shvat adalah tahun baru yang bertujuan menghitung usia pohon untuk keperluan perpuluhan. (Leviticus 19:23-25 menyatakan bahwa selama 3 tahun pertama buah pohon tidak boleh dimakan, tahun ke-4 untuk Tuhan, baru tahun ke-5 dan seterusnya boleh dimakan buahnya. Imamat 19 : 23-25)

    Tu B'Shvat tidak disebut di dalam Taurat. Beberapa tradisi yang ada diantaranya :
    • Makan buah baru pada tanggal ini
    • Menanam pohon pada tanggal ini
    • (Anak-anak) Mengumpulkan uang untuk menanam pohon di tanah Israel

    Salah satu alasan mengadakan “New Year of the Trees” (Tahun Baru Pohon) adalah untuk mengingatkan akan keagungan Tanah Israel karena pada hari tersebut kesuburan tanah Israel diperbarui. Mengacu kepada hasil pohon dan hasil tanah, Taurat memuji Tanah Israel dengan: "suatu negeri dengan gandum dan jelainya, dengan pohon anggur, pohon ara dan pohon delimanya; suatu negeri dengan pohon zaitun dan madunya;" (Deuteronomy 8:8 - Ulangan 8: 8).

    Alasan lain pemberian perhatian khusus pada tanggal 15 Shvat adalah bahwa Tahun Baru pohon sekaligus juga saat doa dan penghakiman berkaitan dengan pohon.. Kapanpun umatnya mulai menanam, Tuhan memperhatikan masa depannya secara keseluruhan. Maka penting sekali pada tanggal ini berdoa agar makhluk yang baru nanti sejahtera. Taurat membandingkan manusia dengan pohon di ladang; maka hari ini juga mengingatkan penghakiman Tuhan atas manusia.

    Jatuh pada 8 Februari 2012 ( 5772 kalender Yahudi )

    Related Site :

    http://www.jnf.org/support/tree-planting-center/
  2. .
  3. Purim
    Image : http://www.chabad.org/

    Purim adalah hari raya Yahudi paling menyenangkan. Ini mengingatkan peristiwa penyelamatan bangsa Yahudi dari pemusnahan total di Persia.

    Purim tertulis di kitab Esther. Pahlawan dari peristiwa ini adalah Esther, gadis muda Yahudi yang cantik, dan Mordecai, yang seperti ayah bagi Esther.. Esther dibawa ke istana Ahasuerus, Raja Persia, dijadikan salah satu selir. Raja Ahasuerus mencintai Esther lebih dari kepada wanita lainnya dan menjadikannya sebagai ratu, namun raja tidak tahu kalau dia seorang Yahudi.

    Si jahat dari peristiwa ini adalah Haman, penasehat raja yang sombong dan jahat. Mordecai menolak untuk sujud kepada Haman, maka Haman berencana membalasnya dengan memusnahkan seluruh orang Yahudi. Dia berkata kepada raja,
    " Ada suatu bangsa yang hidup tercerai-berai dan terasing di antara bangsa-bangsa di dalam seluruh daerah kerajaan tuanku, dan hukum mereka berlainan dengan hukum segala bangsa, dan hukum raja tidak dilakukan mereka, sehingga tidak patut bagi raja membiarkan mereka leluasa." Esther 3:8.
    Raja menyerahkan nasib bangsa Yahudi kepada Haman, untuk berbuat sesuka hatinya. Haman berencana membunuh mereka semua.


    Mordecai membujuk Esther untuk berbicara kepada raja atas nama bangsa Yahudi. Ini tindakan berbahaya, karena siapapun yang menghadap raja tanpa diundang bias dikenai hukuman mati. Esther mempersiapkan diri dengan berpuasa 3 hari lalu menemui raja. Raja menaruh kasih kepadanya. Lalu, ia melaporkan rencana jahat Haman terhadap bangsanya. Bangsa Yahudi selamat, dan Haman digantung di tiang gantungan yang ia persiapkan untuk Mordecai.

    Kitab Esther adalah kitab yang tidak ada kata “TUHAN” di dalamnya. Namun demikian, pesan penting dari peristiwa ini adalah bahwa Tuhan bisa bekerja meski tampaknya tidak ada harapan / peluang atau mungkin tampak sebagai hasil jerih lelah dan pertaruhan manusia.

    Purim dirayakan tanggal 14 bulanAdar, yang biasanya jatuh di bulan Maret. Kata "Purim" artinya "undi". Haman menggunakan undi untuk memilih hari pemusnahan.

    Kegiatan utama hari raya Purim adalah mendengar pembacaan kitab Esther, disebut Megillah, yang berarti gulungan. Istilah megillahs bisa juga merujuk kumpulan kitab yang terdiri atas : Esther, Ruth, Pengkhotbah, Kidung Agung, dan Ratapan. Adalah menjadi kebiasaan, jemaat mengeluarkan ungkapan semisal “wuuu” atau menginjakkan kaki ke lantai, atau ungkapan lainnya saat nama Haman disebut (It is customary to boo, hiss, stamp feet and rattle groggers (noisemakers) whenever the name of Haman is mentioned in the service) yang bertujuan mengingatkan betapa tercelanya rencana dan tindakan Haman.

    Saat Purim, orang Yahudi saling berkirim hadiah, makanan, minuman, atau memberikan sedekah. Pada Yahudi Ashkenazic (Eropa) ada kebiasaan membuat hamentaschen, kue berbentuk segi tiga dipenuhi buah untuk menggambarkan topi Haman yang berbentuk tiga sudut.

    Image : http://www.ifcj.org/images/content/pagebuilder/14579.jpg

    Juga menjadi kebiasaan di saat Purim, mengadakan drama dan parody serta contest kecantikan.
    Purim jatuh pada tanggal berikut ini :
    • 20 Maret 2011 ( 5771 kalender Yahudi)
    • 8 Maret 2012 (5772 kalender Yahudi)
  4. .
  5. Passover (Paskah – bhs Indonesia / Pesach – bhs Ibrani)
    Image : http://www.chabad.org/

    Tiap musim semi selama 8 hari Paskah (Pesach dalam bahasa Ibrani), orang Yahudi memperingati keluarnya mereka dari perbudakan di tanah Mesir. Peristiwa tersebut menandai kelahiran mereka sebagai sebuah bangsa, bangsa Yahudi, lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

    Saat orang Yahudi dalam perbudakan di Mesir, Firaun, sang penguasa Mesir, memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki Yahudi. Sepasang suami istri, Yocheved dan Amran, mencoba menyelamatkan bayi laki-lakinya dengan menghanyutkannya ke sungai dalam sebuah keranjang. Sang bayi ditemukan oleh anak perempuan Firaun dan diasuh sebagai anaknya dan di berinya nama Musa .

    Saat dewasa Musa menyadari bahwa dia adalah seorang Yahudi. Dia mencoba membujuk Firaun untuk membebaskan bangsanya namun tidak berhasil. Tapi Tuhan tetap menepati janjiNya. Tuhan mengirimkan 10 tulah kepada Firau agar dia membebaskan orang Yahudi. 9 tulah belum membuat Firaun sadar.

    Sebelum Tuhan mengirim tulah ke-10, pembunuhan anak sulung Mesir, Musa memerintahkan orang Yahudi untuk bersiap sedia dan menandai pintu rumahnya dengan darah agar malaikat maut lewat
    (“pass over”). Setelah kematian anaknya, Firaun mengijinkan orang Israel pergi. Karena tergesa-gesa mereka sampai tidak sempat meragi roti. Itulah sebabnya saat peringatan paskah mereka makan matzah ( roti tidak beragi ) dan menyingkirkan chametz (ragi) dari rumah mereka.

    Saat orang Yahudi meninggalkan Mesir, Firaun berubah pikiran. Dia mengirim tentaranya untuk menyusul. Namun Tuhan menolong, mengeringkan Laut Merah agar orang Yahudi bisa lewat dan menenggelamkan tentara Firau saat laut tiba-tiba bersatu lagi.

    Perayaan paskah berfokus pada ritual makan yang disebut seder. . Makanan simbolis dan tradisional disajikan untuk menggambarkan pahitnya perbudakan / penawanan dan manisnya kebebasan.

    Paskah jatuh pada tanggal :
    • 19-26 April 2011 ( 5771 kalender Ibrani )
    • 7-14 April 2012 ( 5772 kalender Ibrani )
  6. .
  7. Yom HaShoah
    Image : www.ifcj.org/

    Yom HaShoah, atau Hari Peringatan Holocaust jatuh pada tanggal 27 bulan Nisan. Shoah adalah kata Ibrani untuk Holocaust. Ini memperingati mereka yang terbunuh dalam tragedi Holocaust.

    Hari Peringatan Holocaust jatuh pada :
    • 1 May , 2011 ( 5771 kalender Ibrani)
    • 19 April , 2012 ( 5772 kalender Ibrani )

  8. .
  9. Yom Ha-Zikkaron (Israel Memorial Day)
    Image : www.ifcj.org/

    Yom Ha-Zikkaron, atau Hari Peringatan Israel ( Israel Memorial Day ), yang jatuh pada tanggal 4 bulan Iyar, adalah peringatan pada mereka yang gugur dalam perang pembebasan Israel atau perang – perang lainnya di Israel.

    Israel Memorial Day jatuh pada :
    • 9 Mei 2011 ( 5771 kalender Yahudi)
    • 25 April 2012 ( 5772 kalender Yahudi)

  10. .
  11. Yom Ha-Atzmaut (Israel Independence Day)
    Image : www.ifcj.org/

    Yom Ha-Atzmaut, atau Hari Kemerdekaan Israel ( Israel Independence Day), memperingati pendirian negara Israel modern pada tahun 1946. Peringatan ini jatuh pada tanggal 5 bulan Iyar.

    Peringatan jatuh pada :
    • 10 Mei 2011 ( 5771 kalender Yahudi)
    • 26 April 2012 ( 5772 kalender Yahudi)

  12. .
  13. Yom Yerushalayim (Jerusalem Day)
    Image : www.ifcj.org/

    Tanggal 28 bulan Iyar adalah Yom Yerushalayim, atau Hari Yerusalem ( Jerusalem Day ), yang memperingati penyatuan kota Jerusalem, kembali ke pangkuan Israel, setelah Perang 6 Hari di tahun 1967 ( the Six Day War in 1967 ).

    Peringatan jatuh pada :
    • 1 Juni 2011 ( 5771 kalender Yahudi)
    • 20 Mei 2012 ( 5772 kalender Yahudi)

  14. .
  15. Shavuot
    Image : http://www.chabad.org/

    Shavuot, adalah satu diantara 3 perayaan utama. 2 lainnya adalah Pesach dan Sukkot.

    Shavuot memperingati saat buah yang pertama dipanen dan dipersembahkan ke Bait Suci di Yerusalem. Juga dikenal sebagai Hag ha-Bikkurim Perayaan Buah Pertama (the Festival of the First Fruits). Berdasar sejarah ini merayakan pemberian Torah kepada Musa di Gunung Sinai, - juga dikenal sebagai Hag Matan Torateinu Perayaan Pemberian Torah (the Festival of the Giving of the Torah).

    Shavuot juga dikenal sebagai Pentakosta karena terjadi 50 hari setelah Paskah.

    Tidak dibenarkan bekerja selama Shavuot. Malam pertama diisi dengan mempelajari Torah, lalu berdoa sedini mungkin pada pagi harinya.

    Ada kebiasaan mengkonsumsi makanan berbahan susu, minimal sekali, selama Shavuot . Sebagian menganggap ini sebagai peringatan akan tanah Israel sebagai “tanah dengan susu dan madu” dan ada pula yang menganggap karena orang Yahudi baru saja menerima Torah yang di dalamnya terdapat hukum tentang makanan, Kosher, dimana saat itu orang Yahudi sedang tidak mengkonsumsi daging. ( Dalam “Kosher” daging tidak dikonsumsi bersama susu / makanan minuman berbahan susu ).

    Kitab Ruth dibaca pada perayaan Shavuot, karena sejumlah alasan :
    1. Ruth adalah seorang “convert” (bangsa lain yang masuk agama Judaisme) yang bermakna penerimaan Torah secara individual, sama dengan Israel (bangsa) yang menerima Torah.
    2. Ruth menggambarkan kasih dan kebaikan hati, yang adalah jiwa Torah.
    3. Nama “Ruth” punya nilai numerik 606. Di Gunung Sinai orang Israel menerima 606 mitzvoth (hukum) dari Tuhan, selain 7 hukum Nuh (Hukum universal).

    Shavuot jatuh pada :
    • 8 – 9 Juni 2011 ( 5771 kalender Yahudi)
    • 27 – 28 Mei 2012 ( 5772 kalender Yahudi)

  16. .
  17. Tisha B'Av
    Image : http://www.chabad.org/

    Tisha B'Av, puasa pada tanggal 9 bulan Av, adalah hari ratapan untuk mengingat berbagai tragedy yang terjadi pada bangsa Yahudi yang “kebetulan” terjadi pada tanggal tersebut.

    Tisha B'Av, yang berarti "hari ke-9 di bulan Av," biasanya terjadi di bulan Agustus.

    Tisha B'Av yang terutama memperingati Penghancuran Bait Suci pertama maupun kedua, yang sama-sama terjadi pada tanggal 9 bulan Av (yang pertama oleh Babylonia tahun 586 SM; yang kedua oleh Romawi tahun 70 SM). Kejadian lain pada tanggal ini adalah pengusiran orang Yahudi dari Spanyol tahun 1492 M.

    Tisha B'Av adalah puncak dari 3 minggu ratapan, dimulai tanggal 17 bulan Tammuz, yang memperingati penerobosan pertama tembok Yerusalem, sebelum Bait Suci pertama dihancurkan . Selama 3 minggu ini, pernikahan dan berbagai pesta lainnya tidak diperkenankan, dan orang tidak memotong rambut. Dari tanggal 1 sampai dengan 9 bulan Av, biasanya tidak makan daging dan tidak minum anggur (kecuali saat Sabbath), serta tidak memakai pakaian baru.

    Larangan pada Tisha B'Av mirip dengan larangan pada Yom Kippur :
    1. tidak makan
    2. tidak minum (air sekalipun)
    3. tidak membasuh
    4. tidak mandi
    5. tidak bercukur
    6. tidak memakai kosmetik
    7. tidak memakai sepatu kulit
    8. tidak berhubungan sex
    9. tidak tersenyum
    10. tidak tertawa
    11. tidak ngobrol yang tidak perlu
    12. tidak belajar Torah
    Bagi yang sakit tidak diharuskan puasa.

    Di synagogue, kitab Ratapan dibaca dan doa ratapan diunjukkan. “The ark” ( laci tempat menyimpan Torah) ditutup kain hitam.

    Tisha B'Av jatuh pada :
    • 9 Agustus 2011 ( 5771 kalender Ibrani)
    • 2 Juli 2012 ( 5772 kalender Ibrani)










Tisha B'Av, the Fast of the Ninth of Av, is a day of mourning to commemorate the many tragedies that have befallen the Jewish people, many of which coincidentally have occurred on the ninth of Av.

Tisha B'Av means "the ninth (day) of Av." It usually occurs during August.

Tisha B'Av primarily commemorates the destruction of the first and second Temples, both of which were destroyed on the ninth of Av (the first by the Babylonians in 586 BCE; the second by the Romans in 70 CE).

Although this holiday is primarily meant to commemorate the destruction of the Temple, it is appropriate to consider on this day the many other tragedies of the Jewish people, many of which occurred on this day, most notably the expulsion of the Jews from Spain in 1492.

Tisha B'Av is the culmination of a three week period of increasing mourning, beginning with the fast of the 17th of Tammuz, which commemorates the first breach in the walls of Jerusalem, before the First Temple was destroyed. During this three week period, weddings and other parties are not permitted, and people refrain from cutting their hair. From the first to the ninth of Av, it is customary to refrain from eating meat or drinking wine (except on the Sabbath) and from wearing new clothing.

The restrictions on Tisha B'Av are similar to those on Yom Kippur: to refrain from eating and drinking (even water); washing, bathing, shaving or wearing cosmetics; wearing leather shoes; engaging in sexual relations; and studying Torah. Work in the ordinary sense of the word is also restricted. People who are ill need not fast on this day. Many of the traditional mourning practices are observed: people refrain from smiles, laughter and idle conversation, and sit on low stools.

In synagogue, the book of Lamentations is read and mourning prayers are recited. The ark (cabinet where the Torah is kept) is draped in black.

Tisha B'Av will be observed on the following dates:

  • August 9, 2011 (Jewish Year 5771)
  • July 29, 2012 (Jewish Year 5772)

Rosh Hashanah

Next Occurs on: September 29-30, 2011 (Jewish Year 5772) Learn More »

Rosh Hashanah is the Jewish New Year. But there is little similarity between Rosh Hashanah, one of the holiest days of the year, and the traditional, lighthearted New Year's celebrations that take place December 31-January 1.

Still, both New Year's observances are considered appropriate times to make resolutions. The Jewish New Year invites introspection, examination of past mistakes and planning for improvement in the new year. Religious services for the holiday focus on the concept of God’s sovereignty.

The Bible refers to this holiday as Yom Ha-Zikkaron (the day of remembrance) or Yom Teruah (the day of the sounding of the shofar, or ram’s horn). The holiday is instituted in Leviticus 23:24-25.

No work is permitted on Rosh Hashanah. Much of the day is spent in the synagogue. One practice on this holiday is Tashlikh, or "casting off." Late on the afternoon of the first day, families walk to flowing water, such as a nearby river, and empty their pockets, symbolically casting off their sins. While not discussed in the Bible, this is a long-standing custom.

The common greeting at this time is L'shanah tovah ("for a good year").

Rosh Hashanah will be observed on the following dates:

  • September 29-30, 2011 (Jewish Year 5772)

Yom Kippur

Next Occurs on: October 8, 2011 (Jewish Year 5772) Learn More »

“On the tenth day of this seventh month is the Day of Atonement; it shall be a holy gathering for you, and you shall afflict yourselves and present an offering by fire to the Lord. And you shall do no work on this day, for it is a day of atonement for you before the Lord your God.” (Leviticus 23:27-28).

The only fast day decreed in the Bible, Yom Kippur is a time to enumerate one's misdeeds and contemplate one's faults. Jews are expected, on this day, to pray for forgiveness for sins between man and God and to correct their wrongful actions against other people.

The days from Rosh Hashana to Yom Kippur are called the 10 days of penance, when through good deeds, prayer and repentance, we can soften a bad fate. The major precepts of Yom Kippur—lengthy devotional services and a 25-hour fast—are observed even by much of the otherwise secular population.

The level of public solemnity on Yom Kippur surpasses that of any other festival, including Rosh Hashanah. The pre-fast meal is eaten in the early evening and should end one hour before sundown. After a day of prayer and introspection, the end of the fast is marked with the blowing of the shofar at the Neila (closing) prayer service in the synagogue. This is when Heaven’s gate is considered closed, sealing our fate for the new year.

In Israel, the country comes to a complete halt for 25 hours. Places of entertainment are closed, there are no television and radio broadcasts (not even the news), public transport is suspended, and even the roads are completely closed. Its solemnity is reinforced by memories of the 1973 war, a surprise attack launched by Egypt and Syria against Israel on Yom Kippur.

Yom Kippur is observed on the following dates:

  • October 8, 2011 (Jewish Year 5772)

Sukkot

Next Occurs on: Oct 13-19, 2011 (Jewish Year 5772) Learn More »

Sukkot, the “Festival of Booths,” is described in the Bible (Leviticus 23:34) as the "Feast of Tabernacles." Sukkot is one of the three festivals that were celebrated (until 70 CE) with mass pilgrimages to the Temple in Jerusalem, commemorating the Exodus from Egypt (13th century BCE) and giving thanks for a bountiful harvest.

In the five days between Yom Kippur and Sukkot, Jews erect Sukkot, booths for temporary dwelling, resembling the booths in which the Israelites lived in the desert after their exodus from Egypt. The booth consists of four walls made of wood, canvas or other material. The roof is made of branches or leaves thatched loosely so that one may glimpse the stars in the sky above. It is decorated with flowers, fruit and paper chains. Meals are eaten in the sukkah, which becomes a colorful gathering place for family and friends.

Sukkot is also the harvest festival. In Israel, the harvest of grapes, olives and other crops ends at this time of year. It is also time that one waits in hope for the first rain and the start of a new and fertile planting year.

A special combination of four different plant species the palm branch, myrtle sprigs, willow branches and citron is used in a special prayer of thanksgiving said each day. The three plant cuttings and the lemon-like citron are held and shaken in the direction of the four corners of the earth. One explanation for combining these four plants is that the different qualities of each remind us that people are also different, yet must come together for a healthy society to function.

In Israel, the "holy day" portion of Sukkot (and the other two pilgrimage festivals, Passover and Shavuot) is celebrated for one day. Diaspora communities (those outside of the Holy Land) celebrate it for two days, commemorating the time in antiquity when the beginning of each holiday was less exact, initially determined in Jerusalem and then signaled by fires and by couriers running from town to town.

Sukkot will be celebrated on the following dates:

  • Oct 13-19, 2011 (Jewish Year 5772)

Simchat Torah

Next Occurs on: October 21, 2011 (Jewish Year 5772) Learn More »

Simchat Torah (literally, “rejoicing in the Torah”), marks completion of the annual cycle of weekly Torah readings in synagogue. Immediately after reading the last portion of the Torah scroll, the reader begins the first chapter of Genesis.

Every year, this public reading from God’s word reminds us that the Torah is ongoing—a constant in our lives, even as the world about us changes. The Psalmist said, “The fear of the Lord is the beginning of wisdom” (Psalm 111:10). On Simchat Torah we celebrate the Torah as the font of our wisdom and the source of the strength of the Jewish people. It is a time of great rejoicing, highlighted by Torah processions around the synagogue and high-spirited dancing and singing.

Simchat Torah will be celebrated on the following dates:

  • October 21, 2011 (Jewish Year 5772)

Hanukkah

Next Occurs on: December 21-28, 2011 (Jewish Year of 5772) Learn More »

The joyous festival of Hanukkah begins on 25 Kislev of the Jewish calendar. It celebrates two miracles — a great Jewish military victory and a miraculous supply of oil for the Temple.

Hanukkah marks the Macabees' long-ago defeat of the much-larger Greek-Syrian army that had invaded Israel. The Macabees were just a small group of Jews led by Mattathias and his five sons, including Judah Macabee. But they organized themselves into a guerrilla army and, with God's help, proved stronger than their powerful enemy.

Following the Macabees' victory, the Jews rededicated the Holy Temple in Jerusalem and, once again, were able to worship freely.

Although Hanukkahcelebrates a military victory, its major symbol — the Hanukkah menorah, or hanukkiah — reminds us of the miracle of the oil. As the Jews purified the Holy Temple, they found only one flask of the oil for the eternal lamp — enough to keep it burning for just one day. But a miracle occurred, and the oil lasted eight days and nights until more oil could be brought from afar. That miracle explains why we celebrate Hanukkah for eight days and also why Hanukkah is called the Festival of Lights.

The Hanukkah menorah holds nine candles, one for each of the eight nights and an additional candle that’s used to light the others. One candle is lit on the first night of Hanukkah, two on the second night, until all eight candles are lit on the eighth night.

Hanukkah is a time to celebrate with family and friends, to eat yummy holiday treats, to give gifts (especially to children) and to play the dreidel game.

Hanukkah will be celebrated on the following dates:

  • December 21-28, 2011 (Jewish Year of 5772)





Artikel sejenis bisa anda dapatkan di bawah ini : Klik tombol Web atau Blog
Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila memerlukan jawaban, sertakan alamat email anda.

YESUS mengasihi anda
" ... Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.""""""" Kis 16:31