YESUS : "Jadilah kepadamu menurut imanmu"   (Matius 9:29)

KURIKULUM SEKOLAH MINGGU III (bagaimana mengevaluasi kurikulum ?)

Disalin dari:
http://pepak.sabda.org/pustaka/020079/

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang dapat dipakai
untuk menilai apakah Kurikulum yang dipakai di Sekolah Minggu anda
telah memenuhi syarat sebagai Kurikulum yang baik.

A. ISI: Materi apa yang diajarkan dalam kurikulum?

  1. Apakah bahan-bahan pelajarannya didasarkan pada Alkitab,
    sebagai sumber pengajaran pendidikan Kristen di SM anda?
  2. Apakah bahan-bahan pelajarannya memberikan lebih banyak
    fakta-fakta Alkitab dari pada interpretasi atau tafsiran yang
    kurang tepat?
  3. Apakah bahan pelajarannya mengajarkan kebenaran Firman Tuhan
    secara konsisten?
  4. Apakah bahan pelajarannya mengajarkan kebenaran Alkitab secara
    lengkap, jelas dan apa adanya, termasuk mujizat dan keajaiban
    yang Tuhan Yesus lakukan?
  5. Apakah bahan pelajarannya mengajak murid untuk memiliki
    hubungan dengan Tuhan semakin dekat dan pribadi?
  6. Apakah bahan pelajarannya mengajar murid untuk memiliki
    komitmen yang jelas dengan Tuhan?
  7. Apakah bahan pelajarannya mengajar murid untuk memiliki iman
    percaya yang kuat kepada-Nya?

B. FALSAFAH: Bagaimana kurikulum didesign?

  1. Apakah bahan pelajarannya memiliki tujuan pengajaran yang
    jelas dan dapat dijalankan/dicapai?
  2. Apakah bahan pelajarannya memiliki kunci pengajaran yang jelas
    sesuai dengan tujuan pengajaran?
  3. Apakah bahan pelajarannya memiliki keseimbangan pengajaran
    yang baik antara iman (pengetahuan) dan perbuatan (aplikasi)?
  4. Apakah bahan pelajarannya sesuai dengan tingkat kemampuan
    murid-murid dan juga interest dan kebutuhannya?
  5. Apakah bahan pelajarannya memungkinkan murid untuk mereview
    pelajaran sebelumnya sehingga murid dapat terus mengingat
    pelajaran yang telah diberikan?
  6. Apakah bahan pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang merata
    dan meningkat sesuai dengan bertambahnya usia anak?
  7. Apakah bahan pelajarannya memberikan ruangan bagi guru untuk
    berkreasi dengan leluasa?
  8. Apakah bahan pelajarannya cukup fleksibel sehingga guru dapat
    menambah dengan materi-materinya sendiri yang sesuai dengan
    kebutuhan anak didiknya?

C. METODOLOGI: Bagaimana kurikulum menolong menyajikan pelajaran?

  1. Apakah bahan pelajarannya menawarkan teknik mengajar yang
    kreatif?
  2. Apakah bahan pelajarannya memakai alat-alat mengajar yang
    sederhana dan cocok untuk digunakan dalam segala keadaan?
  3. Apakah bahan pelajarannya menyediakan alat-alat belajar yang
    mendorong murid untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan?
  4. Apakah bahan pelajarannya cukup fleksibel digunakan di
    berbagai konteks belajar mengajar?
  5. Apakah bahan pelajarannya juga menyediakan tambahan materi
    pelengkap agar guru dapat belajar lebih luas?
  6. Apakah bahan pelajarannya dapat digunakan baik oleh guru yang
    berpengalaman atau yang belum berpengalaman?
  7. Apakah bahan pelajarannya mendorong guru untuk bereksperimen
    dan memberi keleluasaan untuk mengembangkan gaya mengajarnya
    sendiri?


Artikel sejenis bisa anda dapatkan di bawah ini :

Klik tombol Web atau Blog

Loading...











.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila memerlukan jawaban, sertakan alamat email anda.

YESUS mengasihi anda
" ... Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.""""""" Kis 16:31