http://pepak.sabda.org/pustaka/020079/
Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang dapat dipakai
untuk menilai apakah Kurikulum yang dipakai di Sekolah Minggu anda
telah memenuhi syarat sebagai Kurikulum yang baik.
A. ISI: Materi apa yang diajarkan dalam kurikulum?
- Apakah bahan-bahan pelajarannya didasarkan pada Alkitab,
sebagai sumber pengajaran pendidikan Kristen di SM anda?
- Apakah bahan-bahan pelajarannya memberikan lebih banyak
fakta-fakta Alkitab dari pada interpretasi atau tafsiran yang
kurang tepat?
- Apakah bahan pelajarannya mengajarkan kebenaran Firman Tuhan
secara konsisten?
- Apakah bahan pelajarannya mengajarkan kebenaran Alkitab secara
lengkap, jelas dan apa adanya, termasuk mujizat dan keajaiban
yang Tuhan Yesus lakukan?
- Apakah bahan pelajarannya mengajak murid untuk memiliki
hubungan dengan Tuhan semakin dekat dan pribadi?
- Apakah bahan pelajarannya mengajar murid untuk memiliki
komitmen yang jelas dengan Tuhan?
- Apakah bahan pelajarannya mengajar murid untuk memiliki iman
percaya yang kuat kepada-Nya?
B. FALSAFAH: Bagaimana kurikulum didesign?
- Apakah bahan pelajarannya memiliki tujuan pengajaran yang
jelas dan dapat dijalankan/dicapai?
- Apakah bahan pelajarannya memiliki kunci pengajaran yang jelas
sesuai dengan tujuan pengajaran?
- Apakah bahan pelajarannya memiliki keseimbangan pengajaran
yang baik antara iman (pengetahuan) dan perbuatan (aplikasi)?
- Apakah bahan pelajarannya sesuai dengan tingkat kemampuan
murid-murid dan juga interest dan kebutuhannya?
- Apakah bahan pelajarannya memungkinkan murid untuk mereview
pelajaran sebelumnya sehingga murid dapat terus mengingat
pelajaran yang telah diberikan?
- Apakah bahan pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang merata
dan meningkat sesuai dengan bertambahnya usia anak?
- Apakah bahan pelajarannya memberikan ruangan bagi guru untuk
berkreasi dengan leluasa?
- Apakah bahan pelajarannya cukup fleksibel sehingga guru dapat
menambah dengan materi-materinya sendiri yang sesuai dengan
kebutuhan anak didiknya?
C. METODOLOGI: Bagaimana kurikulum menolong menyajikan pelajaran?
- Apakah bahan pelajarannya menawarkan teknik mengajar yang
kreatif?
- Apakah bahan pelajarannya memakai alat-alat mengajar yang
sederhana dan cocok untuk digunakan dalam segala keadaan?
- Apakah bahan pelajarannya menyediakan alat-alat belajar yang
mendorong murid untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan?
- Apakah bahan pelajarannya cukup fleksibel digunakan di
berbagai konteks belajar mengajar?
- Apakah bahan pelajarannya juga menyediakan tambahan materi
pelengkap agar guru dapat belajar lebih luas?
- Apakah bahan pelajarannya dapat digunakan baik oleh guru yang
berpengalaman atau yang belum berpengalaman?
- Apakah bahan pelajarannya mendorong guru untuk bereksperimen
dan memberi keleluasaan untuk mengembangkan gaya mengajarnya
sendiri?
Artikel sejenis bisa anda dapatkan di bawah ini :
Klik tombol Web atau Blog
Loading...
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bila memerlukan jawaban, sertakan alamat email anda.