YESUS : "Jadilah kepadamu menurut imanmu"   (Matius 9:29)

3 HARI RAYA UTAMA

Sebenarnya, Natal bukanlah hari raya utama umat Kristiani, meski sering dirayakan meriah. Di alkitab yang merupakan hari raya utama adalah:
  1. Hari Raya Roti Tidak Beragi/ Paskah
  2. Hari Raya Menuai/ Hari Raya 7 Minggu
  3. Hari Raya Pengumpulan Hasil/ Hari Raya Pondok Daun
Keluaran 23:14-17
14. "Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku. 15. Hari raya Roti Tidak Beragi haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, sebab dalam bulan itulah engkau keluar dari Mesir, tetapi janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa. 16. Kaupeliharalah juga hari raya menuai yakni menuai buah bungaran dari hasil usahamu menabur di ladang; demikian juga hari raya pengumpulan hasil pada akhir tahun, apabila engkau mengumpulkan hasil usahamu dari ladang. 17. Tiga kali setahun semua orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN.
Kita baca juga di
Ulangan 16: 16,17
16.Tiga kali setahun setiap orang laki-laki di antaramu harus menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, ke tempat yang akan dipilih-Nya, yakni pada hari raya Roti Tidak Beragi, pada hari raya Tujuh Minggu dan pada hari raya Pondok Daun. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa,17.tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu."

Nubuat dan penggenapan
Ke-3 hari raya di atas adalah nubuatan. 2 sudah tergenapi dan menyusul yang ke-3.
1. Hari Raya Roti Tidak Beragi/ Paskah (sudah tergenapi)
Di Perjanjian Lama, umat Israel diperintahkan untuk menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah. Ulangan 16: 2 Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana. Penyaliban Yesus, Sang Anak Domba Allah, menggenapi nubuat korban paskah ini
2. Hari Raya Menuai/ Hari Raya 7 Minggu (sudah tergenapi)
Umat perjanjian lama diperintahkan untuk menghitung 7 minggu (=49 hari) saat mereka panen. Ulangan 16:9 Tujuh minggu harus kauhitung: pada waktu orang mulai menyabit gandum yang belum dituai, haruslah engkau mulai menghitung tujuh minggu itu. Nubuat ini tergenapi pada hari Pentakosta, hari ke-50. Terjadi panen jiwa, 3.000 orang bertobat pada hari ini. Kis 2: 41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
3. Hari Raya Pengumpulan Hasil/ Hari Raya Pondok Daun (belum tergenapi)
Ulangan 16: 14 Haruslah engkau bersukaria pada hari rayamu itu, engkau ini dan anakmu laki-laki serta anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi, orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu. Penggenapan dari nubuat ini adalah pada perjamuan kawin anak domba, dimana gereja Tuhan, bersukaria dalam kesatuan mereka dengan mempelai pria, Yesus Kristus







Artikel ini diangkat dari:
Khotbah Pdt Triyono Purbo di GPdI Sluke, tanggal 23 Mei 2010


Artikel sejenis bisa anda dapatkan di bawah ini :
Klik tombol Web atau Blog



Loading...









.

1 komentar:

Rumthe_Laane Family mengatakan...

Terima kasih, sangat membantu dalam menambah koleksi khotbah

Posting Komentar

Bila memerlukan jawaban, sertakan alamat email anda.

YESUS mengasihi anda
" ... Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.""""""" Kis 16:31